Jumat, 18 November 2011

"Perkembangan Bisnis Online"

Diposting oleh Mirna Saputri di 11/18/2011 11:14:00 AM

Apa Itu Bisnis Online?
         Sebelum saya menjelaskan tentang perkembangan “Bisnis Online” Terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang apa itu “Bisnis Online” Bagi teman-teman yang belum pernah sama sekali mengetahui tentang Bisnis Online tentu saja akan sulit membayangkan kegiatan bisnis yang satu ini. Sebetulnya bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet.
Bila saat ini teman-teman memiliki sesuatu yang dapat dibisniskan dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan besar teman-teman dapat juga membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya teman-teman memiliki usaha sablon kaos dan selama ini kaos tersebut dipajang di outlet teman-teman di pinggir jalan, maka kemungkinan besar teman-teman dapat mengembangkan usaha tersebut dengan membuka toko kaos sablon di dunia maya. Bila demikian, maka teman sudah menjalankan yang namanya “bisnis online”.
Namun demikian, bukan berarti kita harus memiliki produk sendiri untuk dapat menjalankan bisnis online ini. Kita pun dapat menjalankan bisnis ini dengan menjualkan produk orang lain dan akan mendapatkan komisi dari tiap penjualan. Ada banyak sekali produk di internet yang bisa dijual, kebanyakan berupa produk digital seperti ebook, software, video, dengan besarnya komisi yang bervariasi. Biasanya komisi penjualan ini besarnya antara 30-70 %. Dalam bisnis online, menjualkan produk orang untuk mendapatkan komisi ini dikenal dengan istilah affiliate marketing. Bahkan ada beberapa tempat di internet yang dapat memberikan kita uang tanpa kita harus menjual produk apa pun. Contohnya kita bisa mendapatkan uang dari situs-situs survei online. Hanya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam sebuah survei kita bisa mendapatkan uang. Contoh lainnya lagi adalah kita bisa mendapatkan uang hanya dengan melakukan klik iklan.
Mudah-mudahan ilustrasi di atas bisa sedikit memberikan gambaran mengenai bisnis online. Intinya segala kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan (dalam hal ini uang), yang dijalankan secara online melalui media internet dapat dikatakan sebagai bisnis online.

Sumber : http://ilmubisnisonline.com/apa-itu-bisnis-online.html
 
      Sudah tau kan apa itu Bisnis Online, nah sekarang saya akan menjelaskan Perkembangan dari Bisnis Onlline itu sendiri.


Perkembangan Bisnis Online
terbukti geliat bisnis internet sangat luar biasa. Banyak Bisnis Internet baru lahir, tumbuh dan beroperasi di jagad maya.

Bagaimana untuk tahun 2011?
Tak jauh beda. Bisnis internet 2011 masih sangat menjanjikan. Fase pertumbuhan bisnis internet,   khususnya  di Indonesia, masih akan menanjak. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat  sangat membantu pertumbuhan bisnis online.
Di sisi lain, kita lihat juga munculnya sejumlah marketplace di Indonesia. Ini juga akan mendukung  pertumbuhan Bisnis Internet di Indonesia.
Juga ada sejumlah pihak dengan bermodal besar mulai memasuki ranah bisnis internet. Sejumlah situs web baru dengan beragam layanan dan positioning juga ikut menyemarakkan internet. Dunia internet  Indonesia kian meriah.
Belum lagi para raksasa internet dunia yang terus mencoba mempertahankan dominasinya dan terus melakukan ekspansi bisnis, tak terkecuali di Indonesia.
Apakah ini artinya kian tertutup peluang bisnis bagi yang bermodal minim atau bahkan dengan kemampuan internet yang seadanya?
Saya jawab TIDAK! Bisnis internet tetap terbuka buat semua kalangan. Siapapun berhak dan BISA sukses di internet, tak peduli apapun latar belakang anda.
Ini bukan soal besar atau kecil modal anda, tapi tinggal seberapa jauh anda paham bagaimana membangun bisnis internet. bagaimana mengenali iklim bisnis internet, dan persisten berjuang di dalamnya.

Bagaimana Strategi Bisnis Internet 2011?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait perubahan internet yang kian dinamis.
  • Facebook dan Google masih menjadi trend setter (sekaligus saling berebut pengaruh) yang ikut menentukan wajah internet di masa depan. Terlihat sejak tahun lalu, bagaimana kedua raksasa tersebut saling berlomba mengeluarkan produk/fitur barunya untuk saling merebut pangsa pasar masing-masing.
  • Transaksi online semakin menggembirakan. Kepercayaan masyarakat terhadap transaksi internet semakin baik. Masyarakat kian terbuka dan nyaman untuk bertransaksi melalui internet. Dukungan berbagai saluran transaksi keuangan online akan memudahkan pengguna internet.
    Mari kita jaga bersama-sama iklim ini dengan menjadikan internet sebagai tempat yang nyaman dan aman buat kita semua. Jauhi hal-hal tidak baik dan merugikan perkembangan bisnis internet.
  • Masyarakat makin cerdas. Pengguna internet makin cerdas dalam melihat berbagai penawaran di internet. Mereka bisa memilah dan memilih mana yang terbaik buat diri mereka.
  • Akses internet lewat handphone. Pengakses internet lewat handphone akan semakin besar dan bukan tak mungkin nantinya akan melebihi jumlah pengakses lewat komputer.
Fenomena di atas akan ikut mewarnai perjalanan bisnis internet tahun depan. Namun, tak perlu ragu untuk segera terjun ke bisnis internet. Pasar besar di internet menanti anda. Niche-niche baru juga terus bermunculan sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Lalu Bagaimana Memulainya?

Sederhana saja. Mulai seperti yang 3 langkah Formula Bisnis yaitu dengan menyiapkan produk/jasa , membuat situs webnya, dan lakukan promosi tiada henti. Pada tahap promosi inilah sering kali pebisnis internet pemula mudah menyerah saat hasil yang diinginkan belum tercapai.
Maka, wanti-wanti seperti saya katakan di Aset Virtual perlu diperhatikan.
Memiliki bisnis online itu hebat… dia bisa memberi Anda kemakmuran dan persiapannya cukup  mudah. Tapi faktanya, jika Anda tidak menggunakan strategi marketing yang baik dan teruji, maka bisnis online yang Anda miliki bisa menguap tak bersisa. Dan dia akan hilang selamanya.
Beneran… kalau anda amati beberapa program bisnis internet pamit tanpa permisi sepanjang 2010 ini. Memang jauh lebih banyak lagi bisnis internet baru yang hadir. Ibaratnya, mati satu tumbuh seribu.  Tapi setidaknya, anda bisa berkaca dari mereka.
Lalu apa solusinya?
Miliki marketing strategy yang solid. Strategi marketing yang kokoh bukan saja akan menyelamatkan bisnis anda, namun juga akan membawa bisnis anda mengalami pertumbuhan yang dahsyat.

Bagaimana untuk tahun 2011 ini??

  1. Pertajam marketing di social media. Social media masih memegang peran penting di tahun 2011 nanti. Banyak pengguna akan betah berlama-lama di social media untuk berinteraksi. Sebagai marketer, anda perlu mempertajam aktivitas marketing anda serta melakukan analisa secara mendalam.
    Sehingga dari sana anda tahu siapa dan seperti apa pelanggan bisnis anda, anda juga bisa tahu apa  saja yang diinginkan konsumen dan bagaimana menyelaraskannya dengan bisnis internet anda.
  2. Integrasikan saluran marketing anda. Hendaknya berbagai macam saluran marketing anda terintegrasi. Ini akan membantu anda dalam mengenali kebiasaan para konsumen, sehingga anda bisa melayani mereka dengan lebih baik.
  3. Meningkatkan prospek berkualitas. Cari dan temukan prospek berkualitas.  Fokuskan aktivitas marketing anda pada prospek jenis ini sebab akan membantu peningkatan konversi penjualan anda.
  4. Rambah bisnis baru. Di internet, masih sangat banyak “lahan kosong” yang tak tergarap dengan baik. Kejelian dan kepekaan anda dalam menangkap peluang bisnis baru, bisa menjadi lahan subur yang menghasilkan banyak keuntungan.
Terakhir, penting diingat segala macam alat dan situs web di internet seperti Facebook, Twitter, atau blog tak lebih sebagai sarana. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana anda mampu mengoptimalkannya sehingga mampu melayani pelanggan anda sebaik mungkin dan membuat bisnis anda terus melaju kencang.

Sumber : http://www.jokosusilo.com/2010/12/26/bagaimana-perkembangan-bisnis-internet-2011/


Pengaruh dan Peranan TI terhadap Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Dalam dunia bisnis online tentunya bidang TI (Teknologi Informasi) sangatlah berperan dan memberikan pengaruh yang begitu pekat di dalamnya. Di Indonesia, bisnis online sudah sangat menjamur dan bahkan sudah berkembang begitu pesat, misalnya dalam hal penjualan produk-produk barang ataupun jasa yang ditawarkan. Saat ini toko butik pun bisa saja tidak harus memiliki tempat atau wujud nyata dimana kita bisa berkunjung dan memilih barang-barang yang diinginkan di sana. Kini hanya tinggal membuka sebuah halaman website, kemudian kita dapat langsung melihat-lihat dan memilih barang apa saja yang ingin kita beli dan dalam waktu yang singkat barang tersebut sudah dapat kita terima. Begitulah dunia bisnis online yang sudah begitu banyak memberikan kemudahan bagi para konsumen maupun para pengusaha. Namun dalam bahasan saya kali ini yaitu mengenai pengaruh dan peranan Teknologi Informasi terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia.
Saat berkunjung ke mal, kita harus berjalan mengitari toko demi toko. Di Internet, berbagai tokolah yang akan datang dan pergi di depan mata kita. Tidak ada tempat yang terlalu sempit untuk berdagang, terutama jika tempat itu bernama Internet. Kita dapat melihat transaksi jual beli terjadi pada berbagai forum, mailing list, blog, sampai website social networking terpopuler saat ini. Namun untuk dapat membangun sebuah sarana atau tempat untuk menampilkan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut, kita membutuhkan tenaga atau pengetahuan tentang TI tersebut dalam merancang sebuah toko online/online shop. Online shop merupakan bentuk yang lebih sederhana, antara pembeli dan penjual dapat langsung berinteraksi. Pembayaran tidak harus menggunakan payment gateway (walaupun bisa jadi online shop tertentu memiliki fitur tersebut), sistem pembayaran yang terpisah (melalui transfer/e-banking) dan di-confirm setelah pembayaran dilakukan, masih merupakan alternatif yang populer di Indonesia.
Teknologi Informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format (image, suara, text, motion pictures, dsb). Dampak yang dihasilkan dari Teknologi Informasi tersebut bermacam-macam, di antaranya jika dilihat dari segi positif, misalkan pada bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada sistem penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain misalnya di bidang hiburan. Sekarang banyak bermunculan polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara konvensional yang memberikan benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Nah, dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Orang sudah mau investasi dalam menyediakan perangkat keras dan lunak untuk mengelola data dan menghasilkan laporan secara lebih akurat dan menyeluruh. Dari level top management proses pengolahan data menjadi informasi dan akhirnya menjadi pengetahuan (knowledge) digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan sehingga keputusan yang diambil akan terstruktur dan terarah (Executive Decision Making). Tahapan terakhir dimana orang sudah berani menginvestasi secara optimal untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia untuk mengoperasikan bisnisnya. Pemanfaatkan teknologi infomasi sudah secara menyeluruh dan terpadu untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan meningkatkan effisiensi dan effektivitas perusahaan.
Pengaruh dan peranan teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online di Indonesia berkembang. Karena dengan teknologi ini, kita bisa mengetahui bagaimana cara belajar dan bekerja seperti bekerja bisnis secara online. Bagaimana cara berkomunikasi, memberikan tampilan, informasi tentang bisnis online tersebut agar para pelanggan mudah untuk melakukan penawaran jula beli.
Mereka yang mengerti bisnis dapat melihat peluang yang baik pada dunia bisnis online. Karena banyak keunggulan atau keuntungan di dalam bisnis secara online. Para pe-bisnis tersebut tidak perlu mencari kios atau tempat untuk melakukan bisnis, berbisnis online hanya dengan komputer dan koneksi internet, tidak perlu membayar karyawan, dan masih banyak lagi keuntungannya. Jadi, Teknologi Informasi (TI) sangat berperan penting di dalam perkembangan bisnis online di Indonesia yang juga dapat meningkatkan perekonomian di negara ini. 


Sumber: http://ianspace.wordpress.com/2011/01/30/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap-perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome... Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea